Pages

APA ARTI SANGKAL DIRI DAN PIKUL SALIB???

APA ARTI SANGKAL DIRI DAN PIKUL SALIB???



Matius 16:24 (TB) Lalu Yesus berkata kepada murid-murid-Nya: "Setiap orang yang mau mengikut Aku, ia harus menyangkal dirinya, memikul salibnya dan mengikut Aku.
Banyak dari kita orang percaya berpikir bahwa sangkal diri dan pikul salib berbicara tentang harga yang harus kita bayar dalam mengikut Yesus.. Apakah anda berpikir demikian? Karena saya dulu berpikir demikian..
Karena itu demi bisa layak disebut sebagai murid Kristus saya harus bayar harga, karena itu saya memotivasi diri untuk meningkatkan jam2 doa saya dari awal 15 menit, 1/2 jam, 1 jam, 2 jam... Saya ga boleh marah2, saya ga boleh membalas orang yang menyakiti saya, bahkan sementara teman2 saya asik dengan kehidupannya saya harus rajin bersekutu dengan Tuhan.. Dll.. Intinya saya harus bayar harga klo mau layak sebagai murid Kristus..
Namun sekarang saya menyadari itu adalah pemahaman yang keliru.. Bukan itu yang Tuhan Yesus maksud ketika IA berkata demikian.. Karena jika semua itu tentang harga yang harus dibayar, tentang usaha kita untuk mendapat kelayakan lewat perbuatan, maka itu ga ada bedanya dengan yang diajarkan oleh agama2 lain.. Lihat agama budha, bagaimana mereka diajar harus mengasihi bahkan terhadap hewan sekalipun, para biksu meninggalkan kegemerlapan dunia, agama2 dunia mengajarkan berdoa lima waktu, semedi, bertapa..bahkan ada yang dibunuh karena mempertahankan agamanya.. Bukankah itu juga "menyangkal diri dan memikul salib" dalam versi mereka.. Lalu apa bedanya dengan kekristenan klo begitu?
Sekarang saya memahami hal yg berbeda, ternyata sangkal diri dan pikul salib yg Yesus maksudkan bukanlah tentang bayar harga Namun tentang tinggalkan semua pembenaran dirimu, yang merasa bahwa kamu bisa melakukan tanpa Tuhan, merasa bisa selamat tanpa Tuhan, kau ga bisa mengandalkan kebenaranmu karena itu kau harus menyangkal dirimu dan mengakui bahwa keselamatan dan kebenaranmu hanya berasal dari Tuhan.. itulah maksud menyangkal diri..
Mengapa demikian? Karena selama ini bangsa yahudi mengusahakan keselamatan dan kelayakan mereka lewat usaha dan perbuatan dengan melakukan hukum taurat.. Dan terbukti semua gagal total, ga ada seorangpun yang bisa memenuhinya... Karena gagal satu gagal semua..
Jadi jika sangkal diri pikul salib berbicara tentang kita harus bayar harga lewat perbuatan kita agar layak menjadi muridNya itu suatu yg sangat tidak mungkin.. Mengapa? Karena Yesus datang karena IA tahu tidak ada seorang manusiapun yang bisa layak dihadapanNya atau menjadi muridNya jika syaratnya adalah perbuatan... Karena itu penyangkalan diri yang Tuhan maksud bukanlah tentang perbuatan dimana kita harus bayar harga klo mau layak dihadapanNya. Tapi tentang mempercayaiNya.
Namun bukan berarti saya hidup semaunya, bukan berarti saya tidak lagi mengasihi sesama, ataupun tidak berdoa.. Saya tetap melakukan semua itu, saya tetap melakukan apa yang jadi kerinduan Tuhan.. Namun saya tidak menyebut itu sebagai penyangkalan diri ataupun bayar harga, tapi karena saya adalah anakNya.. Itulah kehidupan saya.. Saya mengasihi, melayani, mendoakan, karena saya adalah anak Tuhan..
Sekarang satu2nya penyangkalan diri dan pikul salib yg saya lakukan adalah penyerahan hidup saya sepenuhnya kepada Tuhan Yesus, dan mengakui bahwa tanpa Dia saya tidak bisa apa2..Dialah sumber keselamatan dan kehidupan saya..
Menyadari kebenaran ini membuat saya menjalani kehidupan saya sangat berbeda.. Dulu begitu penuh kekuatiran jangan2 saya ga cukup bayar harga sehingga saya ga layak dihadapan Tuhan..
Namun setelah saya memahami kebenaran ini saya sangat menikmati hubungan saya dengan Bapa tanpa kuatir akan ditolak, karena
Ternyata untuk menjadi seorang yang layak dihadapan Tuhan, bukanlah tentang berapa banyak harga yang saya bayar, tapi tentang berhenti percaya dan mulai percaya.. Maksudnya adalah saya berhenti percaya pada kekuatan dan usaha saya, dan mulai mempercayai seluruh kehidupan saya kepada Yesus..
Ini nyambung dengan apa yang rasul paulus katakan dalam Galatia 5:4 "Kamu lepas dari Kristus, jikalau kamu mengharapkan kebenaran oleh hukum Taurat; kamu hidup di luar kasih karunia."
Orang yang mengusahakan kelayakan dirinya dihadapan Tuhan lewat perbuatannya akan lepas dari Kristus dan hidup diluar Kasih Karunia.. Karena itu saya percaya penyangkalan diri bukanlah tentang berapa banyak harga yang kita bayar lewat perbuatan kita agar layak, tapi tentang mempercayai Kasih KaruniaNya (Yesus) dalam hidup kita.
Sedangkan pikul salib ada dua hal:
1. Kematian diri kita.. Kita telah mati dan disalibkan bersama Kristus.. Dia yg hidup bukan lagi kita.
Galatia 2:19-20 (TB) Sebab aku telah mati oleh hukum Taurat untuk hukum Taurat, supaya aku hidup untuk Allah. Aku TELAH DISALIBKAN dengan Kristus;
namun aku hidup, tetapi bukan lagi aku sendiri yang hidup, melainkan Kristus yang hidup di dalam aku. Dan hidupku yang kuhidupi sekarang di dalam daging, adalah hidup oleh iman dalam Anak Allah yang telah mengasihi aku dan menyerahkan diri-Nya untuk aku.
2. Tentang tetaplah percaya...
mungkin dalam kehidupan kita kadang terjadi masalah, bahkan mungkin penindasan, namun tetaplah percaya kepada Tuhan, percaya lah pada kasihNya, percayalah pada karya salibNya..
Yohanes 16:33 (TB) Semuanya itu Kukatakan kepadamu, supaya kamu beroleh damai sejahtera dalam Aku. Dalam dunia kamu menderita penganiayaan, tetapi kuatkanlah hatimu, Aku telah mengalahkan dunia."
Kesimpulan..
Sangkal diri dan pikul salib bukanlah tentang bayar harga supaya kita layak dihadapan Tuhan seperti yg kita pikir selama ini..
Namun tentang berhenti mempercayai kekuatan dan usaha diri sendiri agar layak dihadapan Tuhan dan mulai MEMPERCAYAI YESUS SEPENUHNYA DALAM KEHIDUPAN KITA..bahwa pengorbananNyalah yang telah melayakan kita untuk selamanya.
Jadi ketahuilah jika anda adalah orang yang percaya pada Yesus sebagai sumber segalanya dalam hidup anda, maka itulah satu-satunya alasan yang membuat kita layak dihadapanNya.. Iman kita.
Sedangkan semua perbuatan baik yang kita lakukan itu bukanlah sebuah penyangkalan diri tapi karena kita adalah anak2 Allah.
Grace to us His beloved

Satriyo Ministry

Phasellus facilisis convallis metus, ut imperdiet augue auctor nec. Duis at velit id augue lobortis porta. Sed varius, enim accumsan aliquam tincidunt, tortor urna vulputate quam, eget finibus urna est in augue.

4 comments:

  1. Wah saya di berkati amin terima kasih buat artikelnya untuk penyangkalan diri disetiap x saya baca injil mendapatkan kata sangkal dan memikul salib terus terang saya bingung tapi saya paham saat ini terima kasih ya postingannya Jbu...

    ReplyDelete
  2. Trimakasih penjelasannya. Tuhan Yesus Berkati kita smua

    ReplyDelete
  3. Puji Tuhan. Terima kasih penjelasannya kak, masih relevan untuk saya di tahun 2021. Saat awal-awal Tuhan Yesus lawat dan jamah hati saya kembali, mulai terima Tuhan Yesus lagi, belajar taat, setia dan percaya kepadaNya. Pergumulan inilah yang saya hadapi. Saya percaya bukan kebetulan saya baca blog kakak, namun ini semua murni kasih karunia Tuhan Yesus. Saya percaya Tuhan Yesus mau saya lebih menikmati persekutuan yang intim denganNya. Tuhan Yesus berkatimu kak.

    ReplyDelete